phimosis adalah
Apa Itu Penyakit Phimosis?
September 17, 2016
penyebab sering buang air kecil
Penyebab Sering Buang Air Kecil
September 19, 2016

Cara Menghitung Siklus Haid

cara menghitung siklus haidHaid akan dialami oleh semua wanita yang telah pubertas. Pada umumnya haid pertama (menarce) akan dialami wanita mulai dari usia 8-16 tahun. Semakin cepatnya wanita mengalami haid maka semakin cepat kematangan seorang gadis. Sebab haid sebagai pertanda bahwa reproduksi wanita sudah aktif.

Oleh karena itu wanita yang sudah beranjak usia 16 tahun tetapi tidak mengalami haid (amenore primer) maka harus segera diperiksakan ke dokter untuk mencari cara pelancar haid. Karena keterlambatan pubertas pada wanita sebagai pertanda bahwa adanya masalah terhadap kesehatan reproduksi.

Selain itu masalah haid tidak teratur beresiko buruk terhadap kesehatan reproduksi wanita. Untuk mengurangi resiko buruk dari haid tidak teratur maka diharapkan kesadaran diri pasien terhadap kondisi yang dirasakan tidak normal. Misalnya datangnya haid yang lebih maju (polimenore), keterlambatan haid (oligemonore) atau haid terhenti dalam waktu lama (amenore sekunder)

Untuk mengetahui apakah anda mengalami gangguan haid seperti polimenore, oligemonore dan amenore sekunder maka sebaiknya menghitung siklus haid. Cara menghitung siklus haid cukup mudah dan berguna sebagai data kesehatan.

Cara Menghitung Siklus Haid

Mencatat tanggal haid

Setiap anda mengalami haid harus ingin untuk mencatat tanggal haid. Dengan begitu anda dapat memiliki data haid yang berikutnya bisa dikelola untuk menghitung siklus haid. Misalnya data haid yang dimiliki 8 oktober, 4 november, 8 desember,10 januari, 17 febuari, 25 maret.

Cara Menghitung Siklus Menstruasi

Cara menghitung siklus menstruasi dengan menggunakan data yang dimiliki. Dari data tersebut hitung jarak haid dari bulan sebelum ke bulan berikutnya. Misalnya data 8 oktober -4 november, jaraknya adalah 27 hari. Sedangkan 4 november-8 desember, jaraknya adalah 34 hari. Jarak ini disebut dengan siklus haid.

Mengakumulasi Siklus haid

cara menghitung siklus menstruasiKegunaan mengakumulasi siklus haid adalah untuk menghitung masa subur. Sebab jika anda memiliki siklus haid yang tidak tetap maka pilihannya adalah mengetahui rata-rata dari data tersebut. Sebaiknya harus memiliki data 6 bulan terakhir haid. Misalnya data siklus haid 27 hari, 34 hari, 33 hari, 38 hari dan 37 hari. Jika dirata-rata siklus haid anda adalah 34 hari

Dari data tersebut anda dapat mengetahui bahwa kondisi kesehatan adalah normal. Sebab siklus haid normal pada wanita adalah 28-35 hari dan lama haid 3-7 hari. Namun jika anda memiliki data siklus haid dibawah 21 hari (polimenore) atau diatas 40 hari (oligemonore) maka anda telah menggalami kondisi gangguan haid.

Bahaya atau tidaknya kondisi gangguan harus harus dilihat dari penyebabnya. Jika penyebabnya karena kondisi medis maka berbahaya. Namun jika penyebabnya karena kelelahan atau stress maka anda tidak perlu khawatir. Sebab keadaan ini akan kembali normal di bulan berikutnya setelah kondisi anda stabil.

Jika anda mengalami gangguan haid maka konsultasi di Klinik Utama Gracia untuk mendapatkan tips pengobatan.

chat online