Jenis dan Fungsi Tes Darah
November 5, 2016
kutil kelamin
Mengenal Lebih Baik Apa Itu Kutil Kelamin
November 7, 2016

Cara Menghentikan Haid

cara menghentikan haid

cara menghentikan haid

Haid akan dialami wanita setiap bulannya dalam beberapa hari. Umumnya siklus haid normal adalah 28-35 hari dan lama haid adalah 3-7 hari. Oleh karena itu para wanita yang memiliki masalah dengan keterlambatan haid harus cari cara untuk memperlancar haid. Sedangkan bagi wanita yang mengalami haid terus menerus harus cari cara menghentikan haid.

Cara Menghentikan Haid Pada Umumnya

Mengkonsumsi Obat

jika haid terjadi dalam waktu yang cukup lama sampai 14 hari ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan. Dengan begitu dokter dapat meresepkan obat yang tepat sesuai kondisi pasien. Beberapa obat yang biasanya diberikan dokter untuk cara menghentikan haid adalah obat asam traneksamat, ibuprofen, naproxen, asam mefenamat, pil kontrasepsi dan obat progestogen.

Alat Kontrasepsi

LNG-IUS, merupakan sejenis alat kontrasepsi yang mampu menghentikan haid hingga 96%. Cara kerja dari penggunaan LNG-IUS adalah memperlambat pertumbuhan lapisan rahim. Efek sampingnya adalah jerawat, nyeri pada payudara dan haid terhenti dalam waktu lama sama masa penggunaan dihentikan.

Terapi agonis GnRH

Salah cara cara efektif dalam mengurangi pendarahan saat menstruasi adalah terapi agonis GnRH. Terapi ini dilakukan sebagai pengobatan sementara bagi pasien yang menempuh jalan operasi untuk mengobati menoragia. Dalam kasus tumor jinak atau fibroid dapat diberikan hormon agonis GnRH dalam bentuk suntik. Efek samping dari pengobatan ini adalah vagina kering, mudah berkeringat dan demam.

Operasi

Jika ditemukan penyebab haid terus menerus karena kondisi medis maka dokter akan menyarankan untuk melakukan operasi.

  • Embolisasi arteri rahim disarankan untuk menanangani menoragia yang disebabkan oleh fibroid. Cara kerja dari metode ini adalah fibroid disusutkan dengan cara memblokir arterinya menggunakan manik-manik plastik berukuran mikro. Sehingga pasokan darah ke fibroid terhenti.
  • Miomektomi juga disarankan untuk menangani menoragia yang disebabkan oleh fibroid. Cara kerja dari metode ini fibroid diangkat melalui pembedahan. Pada sebagain kasus penyakit ini bisa tumbuh kembali setelah miomektomi.
  • Reseksi endometrium, Cara kerja dari metode ini adalah menghancurkan dinding uterus mengguankan kawat panas. Namun setelah anda menggunakan prosedur ini untuk memberhentikan haid maka kehamilan tidak dianjurkan.
  • Ablasi endometrium, Cara kerja dari metode ini adalah menghancurkan penebalan dinding rahim secara permanen. Ada 2 jenis teknik ablasi endometrium yaitu penggunaan balon dan gelombang radiasi.
  • Histerektomi, disarankan untuk menjadi pilihan terakhir dalam mengobati menoragia. Sebab jika prosedur ini dilakukan maka wanita selamanya tidak ada kesempatan untuk memiliki anak kembali. Karena histerektomi adalah operasi pengangkatan rahim.

Saat mengalami haid terus menerus maka lakukan pemeriksaan secepat mungkin. Sebab pendarahan yang terjadi terus menerus dapat membuat tubuh banyak kehilangan darah. Apalagi jika penyebab haid karena kondisi medis yang belum diketahui. Beberapa kondisi tersebut pastinya dapat mempengaruhi keselamatan jiwa dan kesehatan reproduksi.

Hubungi Klinik Utama Gracia untuk konsultasi mengenai masalah kesehatan reproduksi.

chat online