Ciri Ciri Impotensi Pada Pria
February 27, 2017
infeksi saluran kencing pada wanita
Infeksi Saluran Kencing Pada Wanita
March 3, 2017

Ini Dia Bahaya Keputihan Saat Hamil

bahaya keputihan saat hamil

bahaya keputihan saat hamil

Tahukah Anda bahwa keputihan tidak hanya dialami oleh wanita dewasa saja akan tetapi keputihan juga bisa terjadi pada wanita saat hamil? Dan tentunya hal tersebut bisa saja memberikan bahaya keputihan saat hamil.

Ketika Anda hamil, tubuh Anda akan mengalami berbagai perubahan. Salah satu perubahan pertama yang Anda mungkin mengalami keputihan. Namun Anda harus mewaspadai hal tersebut dan menyadari apakah hal tersebut dianggap normal selama kehamilan dan informasikan terlebih dahulu kepada dokter Anda.

Biasanya keputihan yang normal selama kehamilan disebut leukorrhea dengan memiliki ciri-ciri berwarna putih susu, tipis, ringan, tidak menyebabkan gatal-gatal, nyeri, terbakar atau iritasi. Leukorrhea merupakan keadaan normal dan perlu Anda khawatirkan.

Timbul Keputihan Saat Hamil Apakah Normal?

Kebanyakan wanita menemukan keluarnya cairan keputihan dari Ms V yang meningkat ketika mereka hamil ini cukup normal dan terjadi karena beberapa alasan sebagian karena peningkatan produksi estrogen dan aliran darah lebih besar ke daerah Ms V.

Karena pada selama kehamilan, serviks (leher rahim) dan dinding Ms V mendapatkan cairan lebih lembut dan kemudian cairan tersebut akan meningkat untuk membantu mencegah infeksi dari vagina ke rahim. Dan biasanya menjelang akhir kehamilan, kepala bayi menekan pada leher rahim sehingga dapat menyebabkan keluarnya cairan keputihan.

Pada minggu terakhir atau lebih dari kehamilan, cairan Anda mungkin akan berlendir tebal dan terdapat beberapa bercak darah dah ini pertanda bahwa tubuh mulai mempersiapkan untuk kelahiran.

chat online

Bahaya Keputihan Saat Hamil

  • Jika keputihan Anda berwarna hijau atau kekuningan, berbusa dan berbau kuat, atau disertai kemerahan atau gatal-gatal, Anda mungkin memiliki infeksi pada Ms V dan itu adalah bahaya keputihan saat hamil yang disebabkan oleh bakteri Trikomoniasis.
  • Salah satu infeksi pada Ms V yang paling umum selama kehamilan adalah candidiasis atau dikenal juga sebagai infeksi jamur. Penyebab lain dari cairan yang abnormal juga bisa menjadi PMS.

Jika Anda berpikir akan mengobati keputihan tersebut dengan obat maka ada baiknya Anda pikir-pikir terlebih dahulu karena dikhawatirkan bisa memberikan dampak buruk pada kesehatan maupun pada janin Anda ada baiknya segera konsultasikan kepada dokter.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Mengalami Keputihan Saat Hamil?

Gunakan Pantyliners

Jika keputihan bukan karena infeksi, tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk menghentikan aliran keputihan tersebut akan tetapi Anda dapat menggunakan panty liner untuk menyerap cairan itu jika Anda perlu namun jangan menggunakannya dalam jangan waktu lama.

Selalu Jaga Kebersihan Ms V

Untuk menjaga area Ms V Anda tetap sehat dan tetap bersih maka ada baiknya Anda selalu bersihkan dari depan ke belakang, kemudian Gunakanlah pakaian katun. Hindari celana ketat, nilon, , pembalut yang beraroma atau kertas toilet, semprotan kebersihan sabun.

Selama Kehamilan Jangan Melakukan Hal Ini:

  • Menggunakan tampon karena dengan menggunakan tampon dapat memperkenalkan kuman baru yang bisa masuk dalam Ms V.
  • Jangan Mencuci Ms V dengan cairan pembersih karena dapat mengganggu keseimbangan normal bakteri sehat di Ms V dan menyebabkan infeksi.

Itulah tadi berbagai macam penjelasan mengenai bahaya keputihan saat hamil dan semoga saja artikel ini dapat menambah wawasan Anda.

chat online