herpes simplex
sakit gonore
Gonore Adalah PMS Yang Patut Kita Waspadai
August 5, 2017

Bagaimanakah Cara Menggunakan Antibiotik Untuk Keputihan?

pengobatan keputihan

Pastinya semua wanita pernah mengalami keputihan, karena pada umumnya keputihan itu tidak berbau, berwarna putih susu, tidak terasa gatal dan tidak berubah warna menjadi kuning ataupun hijau dan jika Anda mengalami ciri-ciri keputihan tersebut maka dipastikan keputihan Anda merupakan keputihan yang normal.

Namun, yang perlu Anda waspadai adalah jika keputihan Anda sudah berubah warna menjadi kuning atau hijau, dibarengi dengan gatal dan konsistensi cairannya sangat berlebihan maka sudah dipastikan bahwa hal tersebut merupakan ciri-ciri keputihan yang tidak normal.

Dan biasanya keputihan tidak normal tersebut bisa disebabkan oleh berbagai macam penyebab seperti: meningkatnya gairah seksual, berovulasi, ketidakseimbangan hormon, kehamilan, infeksi ragi, bakteri vaginiosis, Trikomoniasis, dll.

Akan tetapi kabar baiknya semua hal tersebut bisa diatasi dengan berbagai macam cara mulai dari cara alami sampai mengkonsumsi obat-obatan dan berikut di bawah ini adalah berbagai macam pembahasan mengenai antibiotik untuk keputihan dan cara untuk mencegahnya.

Bagaimanakah Cara Menggunakan Antibiotik Untuk Keputihan?

Pada umumnya infeksi yang menyebabkan keputihan tidak normal paling sering diobati dengan menggunakan antibiotik untuk keputihan dan diketahui terdapat banyak sekali jenis pilihan antibiotik mulai dari bentuk krim maupun dalam bentuk gel.

Namun, ada baiknya janganlah sesekali Anda membeli antibiotik yang dijual di pasaran maupun di apotek tanpa resep dokter karena dikhawatirkan bisa memberikan efek samping pada tubuh Anda, lalu bagaimanakah cara menggunakannya?

Cara menggunakan antibiotik dalam bentuk gel atau salep adalah dengan cara diusapkan atau dioleskan pada Miss V akan tetapi ada baiknya cuci bersih Miss V Anda kemudian keringkan dan Anda bisa mengoleskannya pada Miss V sesuai dengan dosis yang telah di berikan oleh dokter.

Namun, selain dengan antibiotik dalam bentuk gel atau salep ternyata terdapat juga antibiotik dalam bentuk suntikan atau bentuk tablet yang biasanya diresepkan oleh dokter untuk mengatasi jenis keputihan tidak normal yang berasal dari penyakit menular seksual.

Jika Anda merasa memiliki infeksi jamur berulang dan mengenali gejalanya, Anda bisa menggunakan krim antijamur, namun jika gejala Anda tidak segera membaik maka segeralah temui dokter untuk diagnosis dan pemeriksaan lebih lanjut lainnya.

Cara Mencegah Keputihan Tidak Normal

• Jaga kebersihan Miss V dengan mencuci secara teratur dengan air bersih
  • Jangan pernah menggunakan sabun wangi dan produk feminin atau douche dan hindari juga semprotan feminin dan mandi busa, karena hal tersebut dapat mengganggu lingkungan normal pada Miss V yang berpotensi dapat menyebabkan pembengkakan dan bahkan memburuknya gejala
  • Setelah pergi ke kamar mandi maka ada baiknya selalu bersihkan Miss V dari depan ke belakang hal tersebut bertujuan untuk mencegah bakteri masuk ke Miss V dan menyebabkan infeksi.
  • Gunakanlah celana dalam berbahan katun dan hindari penggunaan celana yang terlalu ketat
  • Praktik seks yang aman dengan menggunakan kondom dapat membantu mencegah penyebaran infeksi menular seksual tetapi hal tersebut mungkin tidak sepenuhnya mencegah infeksi jamur dan vaginosis bakteri, karena kondisinya timbul akibat ketidakseimbangan bakteri dan organisme yang biasanya ada di dalam Miss V dan penyebabnya tidak sepenuhnya dipahami.

Itulah tadi berbagai macam pembahasan mengenai cara menggunakan antibiotik untuk keputihan tidak normal sama cara untuk mencegahnya dan ada baiknya jika Anda merasa memiliki keputihan tidak normal maka segeralah konsultasikan kepada dokter Anda.