kendala ejakulasi dini
hilangkan bau pada ketiak
Cara Hilangkan Bau Ketiak Tanpa Mengkonsumsi Obat
August 1, 2017

Bagaimana Cara Mengobati Keputihan Yang Gatal?

keputihan gatal

Tentunya hampir sebagian besar wanita pasti pernah mengalami keputihan akan tetapi diluar sana banyak wanita yang mengalami keputihan tidak normal dan biasanya dibarengi dengan berbagai macam gejala seperti keputihan yang terasa gatal dan berbau.

Perlu Anda ketahui juga bahwa biasanya masih-masing wanita memiliki keputihan yang bisa berbeda-beda misalnya keputihan akan terasa lebih banyak saat wanita berovulasi, sedang terangsang atau saat sedang menyusui, tetapi jika keputihan Anda tidak berubah warna dan konsistensi nya dalam keadaan normal maka tidak perlu Anda khawatirkan.

Namun, jika misalkan Anda sudah mengalami jenis keputihan yang tidak normal seperti keputihan terasa gatal dan berubah warna, serta berbau maka sudah saatnya Anda berkonsultasikan hal tersebut kepada dokter Anda.

Apakah Yang Menyebabkan Keputihan yang Terasa Gatal?

Biasanya keputihan yang terasa gatal sebagian besar disebabkan oleh adanya infeksi ragi ataupun jamur yang bernama Candida albicans, walaupun pada umumnya pertumbuhan ragi memang hidup di Miss V namun dalam jumlah kecil akan tetapi pertumbuhan dalam jumlah yang banyak bisa menyebabkan ketidakseimbangan organisme ini sehingga bisa menyebabkan keputihan terasa gatal.

Perlu Anda ketahui bahwa terdapat beberapa kondisi dimana yang bisa menyebabkan ketidakseimbangan organisme tersebut diantaranya mengkonsumsi antibiotik, kadar estrogen tinggi yang disebabkan oleh kehamilan atau terapi hormon.

Bagaimanakah Cara Mengobati Keputihan yang Gatal?

Sebenarnya terdapat banyak cara mengobati keputihan gatal akan tetapi ada baiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu mengenai pengobatan yang paling tepat bagi Anda dan berikut ini adalah beberapa macam pengobatan untuk mengatasi hal tersebut:

Menggunakan Krim Anti Jamur

Cara mengobati keputihan yang gatal adalah dengan menggunakan krim antijamur atau supositoria yang bisa Anda beli di apotek terdekat, namun ada baiknya jika Anda ingin menggunakan krim anti jamur konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter Anda.

Untuk menggunakan krim anti jamur ini cobalah letakkan krim atau supositoria di wadah bersih kemudian masukkan ke dalam Miss V Anda sesuai dengan petunjuk ataupun sesuai dengan resep dokter.

Menggunakan Yogurt

Cara mengobati keputihan yang gatal selanjutnya adalah dengan menggunakan yogurt karena yogurt dianggap sebagai makanan probiotik yang mengandung bakteri hidup, seperti Lactobacillus acidophilus dan dianggap bisa sangat membantu untuk mengembalikan keseimbangan bakteri ragi ke seluruh tubuh Anda.

Sebuah tinjauan penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Antimicrobial Chemotherapy menemukan bahwa beberapa probiotik mungkin sangat efektif untuk melawan C. albicans.

Namun, sebagian besar penelitian yang ditinjau memiliki metode yang salah, seperti ukuran sampel kecil atau tidak ada kelompok kontrol dan ini membuat hasilnya tidak bisa diandalkan.

Meski begitu, masih banyak wanita yang mengonsumsi yogurt atau mengoleskan yogurt polos secara vaginal untuk meringankan gejala infeksi jamur pada Miss V.

minyak oreganoMenggunakan Minyak Oregano

Mungkin masih banyak orang yang bertanya-tanya apa itu minyak oregano? Minyak ini merupakan minyak yang berasal dari daun dan bunga oregano (Origanum vulgare) yang ternyata bisa Anda manfaatkan untuk cara mengobati keputihan yang gatal bahkan minyak ini telah digunakan sejak zaman Yunani kuno dan Romawi.

Namun, yang perlu Anda perhatikan bahwa minyak oregano yang digunakan untuk mengobati infeksi ragi bukan tipe yang sama dengan yang Anda temukan di toko bumbu dan ada baiknya carilah minyak oregano yang terbuat dari oregano liar, atau Origanum vulgare.

Sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Molecular and Cellular Biochemistry menemukan bahwa minyak oregano liar dapat menghentikan atau memperlambat pertumbuhan C. Albicans dan tergantung pada dosis yang digunakan.

Akan tetapi perlu Anda perhatikan bahwa minyak oregano adalah pengencer darah alami dan jangan menggunakannya jika Anda mengencerkan darah atau mengalami masalah pembekuan pada darah.

Minyak kelapa

minyak kelapaMinyak kelapa adalah minyak lemak yang berasal dari daging kelapa dan ternyata minyak kelapa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, dan telah terbukti memiliki khasiat antijamur sehingga bisa Anda gunakan sebagai cara mengobati keputihan gatal.

Bahkan penelitian telah menunjukkan bahwa minyak kelapa efektif untuk melawan C. albicans.

Untuk mengobati keputihan akibat infeksi jamur menggunakan minyak kelapa maka ada baiknya pastikan untuk membeli minyak kelapa organik murni dan Anda bisa mengoleskan minyak langsung ke daerah yang terkena.

Apa yang Harus Saya Lakukan Jika Mengalami Infeksi Ragi?

Jika Anda menduga Anda terkena infeksi ragi, maka cobalah berkonsultasilah dengan dokter Anda dan Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki infeksi jamur dan bukan hal lain, seperti infeksi bakteri.

Jika dokter Anda memastikan bahwa Anda memiliki infeksi jamur dan ini adalah infeksi jamur pertama Anda, maka bicarakan dengan mereka tentang berbagai macam cara alami yang aman untuk mengobati hal tersebut.

Selain itu jika Anda memiliki infeksi ragi yang kronis maka Anda harus menemui dokter Anda sebelum mencoba mengobati infeksi jamur Anda di rumah.

Itulah tadi berbagai macam cara mengobati keputihan yang gatal dan misalkan Anda mengalami hal tersebut maka ada baiknya segeralah konsultasikan kepada Kami di Klinik Utama Gracia.