Beginilah Cara Mengurangi Keringat Berlebih yang Benar
April 14, 2017
masalah bau ketiak
Cari Tahu 11 Penyebab Bau Ketiak Di Sini!
May 5, 2017

Apakah Gonorrhea Adalah Penyakit Berbahaya?

penyebab penyakit gonorrhea

masalah gonorrheaGonorrhea adalah penyakit menular seksual yang muncul karena adanya bakteri Neisseria gonorrhoeae atau gonococcus. Penyakit yang biasa disebut kencing nanah ini bisa dialami oleh pria maupun wanita. Penamaan kencing nanah pada penyakit gonorrhea adalah karena pada penderita akan ditemukan cairan seperti nanah pada bagian penis ataupun vagina.

Bakteri penyebab gonorrhea bisa menyerang dubur, leher rahim, saluran kencing, saluran sperma, mata dan juga tenggorokan seseorang. Namun bakteri ini tidak bisa menular melalui penggunaan peralatan makan bersama penderita, berbagi handuk, kolam renang ataupun melalui dudukan toilet. Hal ini dikarenakan bakteri tersebut tidak dapat bertahan hidup di luar tubuh manusia dalam waktu yang lama.

Biasanya gonorrhea bisa menular lewat hubungan seksual oral atau anal, mainan seks yang terkontaminasi bakteri, ataupun lewat hubungan seksual tanpa memakai kondom. Penyakit ini juga bisa menginfeksi bayi melalui proses kelahiran dari ibu yang mengalami gonorrhea. Jika terjadi pada bayi, umumnya bayi akan mengalami gangguan penglihatan ataupun buta permanen.

Gejala Gonorrhea

Umumnya penyakit ini tidak menunjukkan gejala, namun kadang bisa muncul dan bisa berdampak pada organ tubuh lainnya. Gejala biasanya akan muncul setelah sekitar 10 hari periode inkubasi atau setelah terpapar bakteri. Namun hal ini berbeda pada tiap orang. Karena ada juga yang tidak menunjukkan gejala sampai berbulan-bulan. Hal inilah yang membuat penyakit ini tidak terobati, karena gejala yang tidak muncul.

Gejala gonorrhea adalah seperti sakit ketika buang air kecil, dan juga keluarnya cairan abnormal yang berwarna putih, kuning, ataupun hijau dari penis atau vagina. Gejala sait di testis ataupun radang di kulup juga bisa terjadi walaupun jarang. Pada wanita juga kadang mengalami demam, pendarahan sehabis berhubungan seksual, sakit di perut bagian bawah, vulva bengkak, dan juga pendarahan di antara periode menstruasi.

Infeksi juga bisa terjadi di tenggorokan, dubur, dan mata akibat dari melakukan seks oral atau anal. Pada mata bisa terjadi konjungtivitis yang disebabkan oleh sperma atau cairan vagina yang mengenai mata. Hal ini bisa menyebabkan mata bengkak, iritasi, keluar cairan, dan juga sakit.

Infeksi pada tenggorokan umumnya tidak muncul gejala. Jika terjadi pada dubur, biasanya akan keluar cairan, sakit dan rasa tidak nyaman di dubur. Persendian juga bisa terserang gonorrhea dan membuat sakit ketika digerakkan, bengkak, kemerahan dan juga terasa hangat.

Jika tidak segera ditangani, infeksi ini akan membuat masalah seperti gangguan kesuburan.

penyebab penyakit gonorrheaPengobatan Gonorrhea

Pengobatan pada penderita gonorrhea harus dilakukan bukan hanya pada Anda namun juga pasangan seksual Anda. Karena jika salah satunya terkena gonorrhea maka yang satunya juga bisa tertular. Pengobatan yang akan diberikan adalah antibiotik untuk menghilangkan bakteri gonorrhea.

Pada wanita hamil dan menyusui, dokter akan memberikan pengobatan berupa antibiotik. Bayi yang dilahirkan juga akan diberikan antibiotik jika menunjukkan gejala mengalami infeksi gonorrhea karena ibunya menderita penyakit tersebut.

Anda disarankan untuk tidak melakukan hubungan seksual terlebih dahulu dengan pasangan sampai pengobatan selesai. Gonorrhea bisa muncul kembali jika Anda melakukan seks yang tidak aman.

Jadi gonorrhea adalah penyakit yang harus segera mendapat penanganan agar tidak terjadi komplikasi di bagian tubuh lain, dan juga merugikan penderita. Karena pada pria bisa saja terjadi menurunnya kesuburan, dan pada wanita bisa mengalami penyakit radang panggul. Konsultasikan dengan dokter terkait gejala gonorrhea yang mungkin Anda alami. Semakin cepat Anda mendapatkan diagnosa yang tepat dari dokter, maka akan semakin cepat pula keluhan Anda ditangani, agar penyakit ini bisa segera diatasi dengan baik.