cara menjaga kesehatan tubuh
gejala herpes
Apa Itu Herpes & Gejala Herpes
October 19, 2016

Apa Sebenarnya Penyakit Keputihan Pada Wanita?

penyakit keputihan pada wanita

Keputihan sebenarnya bukanlah sebuah penyakit. Keputihan adalah masalah perempuan yang sering dialami oleh setiap wanita. Umumnya saat terangsang hubungan seksual, kehamilan, stress, sebelum dan sesudah menstruasi akan mengalami keputihan. Kondisi ini dikatakan normal, sebab keputihan yang terjadi karena adanya perubahan hormon.

Keputihan baru bisa dikatakan penyakit keputihan pada wanita, jika keputihan yang dialami berwarna, berbau, gatal, nyeri dan jumlah keputihan sangat banyak serta terjadi dalam waktu terus menerus. Sebenarnya yang lebih tepat tidak disebut penyakit keputihan pada wanita tetapi disebut dengan istilah keputihan patologis.

Sebab keputihan adalah cairan atau lendir yang keluar dari vagina, yang berfungsi untuk membersihkan dan melindungi vagina dari infeksi. Jadi cairan atau lendir yang keluar bukan sebuah penyakit keputihan wanita. Sekalipun lendir yang keluar tidak normal, itu hanya sebagai tanda bahwa ada masalah dalam kesehatan reproduksi. Oleh karena itu lendir pada vagina digunakan para dokter untuk dijadikan sample untuk memastikan kondisi kesehatan reproduksi.

Jadi jangan menganggap remeh dengan masalah keputihan yang dihadapi. Walaupun keputihan bukanlah suatu penyakit. Namun keputihan yang tidak normal bisa menjadi tanda dari suatu penyakit yang parah seperti kanker serviks. Oleh karena itu perhatikan ciri-ciri keputihan mulai dari melihat warna keputihan beserta gejalanya sehingga bisa memperkirakan penyakit yang anda derita.

Penyakit Keputihan Pada Wanita Berdasarkan Warna

Keputihan Berwarna Bening

Ambil cairan keputihan pakai jari, lalu regangkan diantara dua jari. Jika berwarna jernih dan elastis setelah direntangkan secara maksimal, menunjukkan bahwa anda sedang mendekati masa ovulasi atau masa subur. Jadi keputihan ini bersifat normal.

Keputihan Berwarna Putih

penyakit keputihanUmumnya keputihan berwarna putih masih dikatakan normal dan terjadi pada saat sebelum dan sesudah menstruasi. Tetapi bila keputihan berwarna putih disertai adanya keluhan bau amis dan gatal maka kondisi ini berubah menjadi tidak normal. Kemungkinan keputihan yang terjadi akibat organ intim terinfeksi jamur.

Keputihan Berwarna Kuning

Bila keputihan berwarna kuning maka anda harus was-was diri. Apalagi jika anda aktif dalam berhubungan seksual sehingga lebih besar terinfeksi gonore, klamida dan trichomonas. Dimana kita ketahui penyakit gonore identik dengan kencing bernanah, rasa terbakar dan keputihan berwarna kuning.

Keputihan Berwarna Hijau

Trichomonas vaginalis merupakan protozoa penyebab lendir keputihan berwarna hijau. Kondisi ini disebabkan oleh adanya infeksi pada organ reproduksi, penyebabnya bisa dari penyakit menular seksual atau kurang memperhatikan kebersihan vagina sehingga terjadi peradangan (vaginitis).

Keputihan Berwarna Abu

Keputihan berwarna abu-abu disertai gatal, bau tak sedap dan bahkan terjadi pembengkakan pada vagina maka harus mendapatkan penanganan yang serius dari dokter. Apalagi keputihan berwarna abu diikuti dengan darah maka kemungkinan sedang mengalami kanker. Sebab keputihan berwarna abu biasanya disebabkan oleh bakteri berbahaya.

Keputihan Berwarna Cokelat

Bila keputihan berwarna coklat terjadi pada periode haid, awal kehamilan dan memasuki masa menopause maka anda tidak perlu khawatir. Namun jika keputihan di luar dari periode tersebut maka anda harus waspada. Apalagi keputihan warna cokelat disertai nyeri pinggang dan bau tak sedap. Kemungkinan kondisi ini akibat kanker serviks atau radang panggul.

Apapun warna keputihan anda, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk memastikan sumber penyakitnya sehingga ada langkah pengobatan yang tepat. Sebab masalah keputihan yang diderita adalah tanda bahwa kesehatan anda sedang bermasalah.

Disarankan untuk tidak meremehkan keputihan yang sedang dialami, apabila ada masalah terhadap keputihan maka bisa dikonsultasikan di sini! Staff medis kami siap membantu anda.