penyebab keputihan
Beberapa Jenis Makanan Penyebab Keputihan
September 29, 2016
pemeriksaan pap smear
Apa Itu Pemeriksaan Pap Smear
September 30, 2016

Apa Saja Sih Ciri Ciri Keputihan Pada Wanita?

ciri ciri keputihan

ciri keputihan
Setiap wanita pasti mengalami keputihan. Umumnya keputihan terjadi pada saat terangsang hubungan seksual, stres, kondisi hamil, sebelum dan sesudah haid. Jadi keputihan bukanlah sebuah penyakit, melainkan sebagai cermin kesehatan perempuan. Sebab cairan atau lendir keputihan yang keluar dari vagina menunjukkan kondisi kesehatan reproduksi pada wanita.

Oleh karena itu ketika pemeriksaan pap smear dokter akan mengambil lendir vagina untuk dibawah ke laboratorium untuk di diagnosa.

Permasalahannya adalah, keputihan merupakan kondisi yang umum dialami oleh wanita sehingga banyak orang tidak terlalu sensitif dengan keputihan yang sedang dihadapinya. Keputihan memang umum dialami oleh wanita, namun bila keputihan yang dialami jumlahnya banyak, berwarna, berbau dan terasa gatal maka anda mengalami yang namanya masalah keputihan (patologis).

Akibat keputihan yang dihadapi oleh wanita dapat beresiko kemandulan, kehamilan ektopik, bahkan kematian. Oleh karena itu selalu perhatikan kesehatan vagina dengan mengenali ciri-ciri keputihan yang sedang anda alami. Jika menemukan ciri-ciri keputihan tidak seperti biasanya maka konsultasikan ke dokter. Bagaimana ciri-ciri keputihan yang harus diwaspadai?

Ciri Ciri Keputihan

Keputihan Normal (Fisiologis)

ciri ciri keputihanTerjadi pada saat masa subur, terangsang hubungan seksual, sebelum dan sesudah haid. Jika pada masa tersebut muncul keputihan dan lendir yang keluar banyak maka adalah kondisi yang normal. Dengan catatan bahwa keputihan tidak gatal dan bau. Ciri ciri keputihan fisiologis yaitu:

  • Cairan keputihan encer
  • Cairan berwarna bening
  • Tidak berbau
  • Tidak menyebabkan gatal
  • Tidak menimbulkan rasa nyeri
  • Tidak terus menerus mengalami keputihan

Keputihan Abnormal (Patologis)

Bila mengalami keputihan patologis dapat mengganggu kesehatan daerah kewanitaan. Akibat keputihan normal terhadap ibu hamil dapat menyebabkan kelahiran prematur dan dapat menyebabkan bayi terkena infeksi. Selain itu wanita yang mengalami keputihan patologis akan merasa minder terhadap ciri ciri keputihan yang dialami sebab:

  • Vagina mengeluarkan aroma tidak sedap
  • Merasa gatal-gatal pada vagina
  • Vagina terasa nyeri
  • Warna cairan/lendir yang keluar kuning-kehijauan, abu-abu atau cokelat
  • Jumlah cairan/lendir yang keluar sangat banyak
  • Keputihan terus menerus

Jika mengalami keputihan patologis sebaiknya periksakan ke dokter dan jangan malas menjaga kebersihan dan memperhatikan kelembaban vagina. Sebab bakteri suka terhadap daerah yang lembab dan basah. Selain itu selama keputihan patologis lebih baik mengurangi aktifitas hubungan intim.

Catatan: Mengobati keputihan bukanlah hal yang mudah. Keputihan bisa disebabkan oleh masalah hormon, jamur, bakteri, virus dan parasit. Oleh karena itu pengobatan harus tepat, tidak mungkin keputihan yang disebabkan oleh masalah hormon memakai obat jamur.

Untuk mengobati keputihan secara tepat anda membutuhkan tenaga medis, bukan dengan sembarangan membeli obat di apotek.

Konsultasikan masalah kesehatan anda terhadap staff medis Klinik Utama Gracia dengan menghubungi lewat via telepon atau menggunakan layanan gratis di awah ini.

chat online