cara mengobati anyang anyangan
Cara Mengobati Anyang Anyangan
December 8, 2016
cara menghilangkan keputihan secara alami
Cara Menghilangkan Keputihan Secara Alami dan Cepat
December 11, 2016

Apa Penyebab Infeksi Saluran Kencing?

penyebab infeksi saluran kencing

Infeksi saluran kencing (ISK) dapat diartikan sebagai infeksi yang menyerang sistem kemih, yaitu ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra, sehingga menimbulkan peradangan. Yang menjadi penyebab infeksi saluran kencing adalah bakteri Escherichia coli atau biasa disingkat E. Coli. Infeksi ini akan semakin parah jika bakteri penyebab peradangan menyebar hingga ke ginjal.

ISK dapat terjadi pada siapa saja, baik pria maupun wanita. Namun wanita lebih rentan terhadap infeksi ini akibat saluran uretra mereka yang relatif lebih pendek. Selain karena faktor di atas, wanita akan lebih beresiko terhadap infeksi saluran kencing apabila mereka aktif secara seksual, dalam keadaan hamil, atau sudah menopause.

Meski resiko terinfeksinya tidak sebesar kaum wanita, namun pria dapat mengalami dengan tingkat keparahan lebih tinggi. Bahkan hal ini dapat memicu infeksi dan pembengkakan pada prostat, serta penyumbatan sistem kandung kemih karena tumor.

Apa Gejala Infeksi Saluran Kencing?

Gejala ISK pada kalangan dewasa dan anak-anak memiliki sedikit perbedaan. Berikut gejala ISK pada orang dewasa:

• Muncul rasa nyeri, sensasi terbakar, dan menyengat saat buang air kecil
  • Kondisi fisik melemah (demam)
  • Frekuensi buang air kecil meningkat tapi urine yang dikeluarkan hanya sedikit
  • Hematura atau terdapat darah dalam urine
  • Warna urine cenderung gelap, pekat, dan aromanya kuat
  • Nyeri pada bagian bawah perut

Sedangkan gejala ISK pada anak-anak adalah:

• Mengompol pada siang hari
  • Mudah lemas dan lelah
  • Berkurangnya nafsu makan
  • Muntah-muntah
  • Terasa sakit saat kencing

Penyebab Infeksi Saluran Kencing

Penyebab infeksi saluran kencing sering dilatarbelakangi oleh masuknya bakteri dari luar ke dalam saluran kemih. Bakteri ini masuk melalui uretra, kemudian berkembang biak di dalamnya apabila seseorang masih menyisakan urine dalam kandung kemih setiap buang air kecil. Adanya residu air seni ini disebabkan oleh sistem saluran kencing yang terhambat, biasanya akibat adanya tumor atau membesarnya prostat.

70 hingga 95% kasus ISK disebabkan oleh bakteri E. Coli. Sisanya diakibatkan oleh bakteri Proteus species, Klebsiella species, Enterococcus faecalis, Enterobacteriaceae, bakteri ragi, dan Staphylococcus saprophyticus.

Pada wanita, penyebab ISK akibat perpindahan bakteri dapat terjadi karena memasukkan tampon ke dalam vagina, berhubungan seksual, menggunakan kontrasepsi diafragma, menyeka alat kelamin dengan tisu dari arah belakang ke depan, dan menopause.

Cara Menghindari Penyebab Infeksi Saluran Kencing

Penyebab infeksi saluran kencing dapat dihindari dengan cara berikut:

• Hindari kebiasaan menunda-nunda buang air kecil. Mengapa? Karena menahan kencing dapat membuah kandung kemih menjadi tegang serta rentan infeksi.
  • Gunakan pakaian dalam berbahan dasar katun
  • Hindari penggunaan bedak atau sabun yang mengandung parfum untuk area genital
  • Jangan terlalu sering berendam karena area genital tidak boleh terlalu lama terpapar bahan kimia pada produk pembersih
  • Jauhi makanan dan minuman yang dapat memperparah ISK, misalnya kopi, jus buah, dan makanan pedas.

Langkah Pengobatan

Pengobatan terhadap ISK dapat dilakukan secara mandiri maupun dengan mengkonsumsi antibiotik yang sesuai dengan anjuran dokter. Antibiotik hanya akan diberikan oleh dokter pada kasus yang tergolong parah karena ISK ringan akan sembuh tanpa diperlukan pengobatan khusus.

Untuk ISK yang tergolong ringan dapat Anda tangani sendiri dengan cara berikut:

• Hentikan hubungan seksual untuk sementara waktu hingga Anda benar-benar sembuh dari ISK. Berhubungan seks saat mengidap ISK hanya akan memperparah kondisi
  • Jauhi minuman keras
  • Konsumsi sodium bikarbonat atau potasium sitrat untuk meredakan rasa nyeri saat buang air kecil
  • Konsumsi paracetamol atau ibuprofen sebagai pereda rasa sakit

Demikian artikel tentang penyebab ISK kali ini. Tips-tips di atas bisa Anda jadikan referensi mengenai kesehatan organ intim. Apabila Anda mengalami ISK serius, segera kunjungi dokter spesialis alat kelamin kepercayaan Anda. Sebagai informasi, Klinik Utama Gracia memiliki kapabilitas untuk membantu Anda terkait penyakit ini.