obat keputihan gatal karena jamur
Obat Keputihan Gatal Karena Jamur
November 1, 2016
obat infeksi saluran kemih
Macam-Macam Obat Infeksi Saluran Kemih
November 3, 2016

Apa Itu Penyakit Raja Singa?

raja singa

Apabila anda atau seseorang yang anda cintai telah berkontraksi dengan raja singa, ada baiknya untuk tahu lebih dalam tentang kondisi penyakit ini lebih dini agar anda dapat menjalani pengobatan yang tepat. Tahu lebih banyak tentang penyebab sifilis dapat membantu anda untuk mencegah agar tidak terjadi lagi di masa yang akan datang. Dan juga akan membantu anda apakah anda terkena raja singa atau penyakit yang lain.

Raja singa adalah penyakit seks menular yang cukup populer dan salah satu yang ditakuti pada masa sekarang ini. Penyakit lain yang ditakuti juga adalah AIDS.

Apa Itu Penyakit Raja Singa?

Raja singa atau sering disebut juga sifilis merupakan penyakit seks menular. Apabila tidak diobati, maka akan dapat berkembang ke fase yang dapat mengakibatkan komplikasi dan masalah kesehatan lain yang serius.

Penyebab Penyakit Raja Singa

Penyakit ini ditularkan melalui hubungan seksual yang disebabkan oleh bakteri spesifik. Bakteri ini disebut dengan Treponema pallidum dan ditularkan dari satu orang ke lainnya pada saat kontak seksual. Cara lain penularan yaitu dengan kontak fisik dengan orang yang menderita sipilis dan bisa juga dari ibu yang melahirkan anaknya.

Hal yang perlu diingat dalam penyebab sifilis adalah transmisi, penyakit ini menular jadi bahkan kontak dengan luka yang terbuka pun anda dapat terkena penyakit ini. Penyebab lainnya adalah penggunaan jarum suntik yang pernah digunakan oleh orang yang terkena sipilis. Hal ini berarti sifilis dapat menyebar melalui transfusi darah. Oleh karena hal ini, bank donor darah selalu mengecek darah yang telah disumbangkan.

penyakit raja singa

Gejala Dari Penyakit Raja Singa

Gejala raja singa itu tergantung dari level infeksi. Sipilis mempunyai 3 level dan setiap level memiliki gejala yang unik. Level pertama adalah sipilis yang terjadi antara 10 sampai dengan 90 hari dari terkena infeksi. Gejala dapat mencakup timbulnya luka di tempat infeksi. Luka ini tidak sakit dan hanya menimbulkan bengkak sedikit, terkadang sembuh dengan sendirinya.

Level kedua dari sipilis terjadi antara 1 hingga 6 bulan setelah terkena infeksi dan bila level pertama tidak diobati. Gejala mencakup timbulnya ruam pada kedua sisi tubuh. Ruam ini berwarna kemerahan dan tidak gatal. Lesi keputihan juga dapat muncul pada mulut atau area kemaluan.

Level ketiga dari penyakit ini terjadi ketika dua level sebelumnya tidak diobati. Tumor halus terlihat di permukaan kulit di sekujur tubuh. Terdapat pula perubahan neurobiologis yang ditandai dengan perubahan drastis kepribadian dari orang yang terinfeksi.

Cara Mengobati Raja Singa

Apabila anda merasa kalau anda mengalami kontak fisik langsung dengan seseorang yang terinfeksi sipilis, atau mungkin anda terekspos dengan gejala sipilis, sangat disarankan anda melakukan konsultasi dengan dokter secepatnya. Karena gejala penyakit ini sangat mirip dengan penyakit lain sehingga banyak yang menghiraukan penyakit ini. Walaupun anda tidak menunjukkan gejala rasa singa sama sekali, tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan.