fase menstruasi
Fase dan Siklus Menstruasi Pada Wanita
September 11, 2016
penyebab sering buang air kecil
Penyebab Sering Buang Air Kecil
September 19, 2016

Apa Itu Penyakit Phimosis?

phimosis adalah

Umumnya bayi dan anak laki-laki tidak dapat sepenuhnya menarik kulup sampai dimana laki-laki mencapai masa pubertas. Phimosis pria dewasa ada yang disebabkan bawaan lahir yaitu kegagalan kulup untuk melonggar selama proses pertumbuhan dan bisa terjadi karena faktor lain.

Faktor Penyebab Phimosis Adalah

• Robeknya kulup
  • Peradangan
  • Lubang kulup yang sempit
  • Cacat yang disebabkan oleh trauma
  • Kurangnya faktor kebersihan
  • Kepala penis terinfeksi
  • Infeksi seperti balanitis
  • Penyakit pada alat kelamin
  • Menderita penyakit diabetes mellitus

phimosis adalah

Masih belum paham dengan pengertian phimosis? Kondisi mengalami kesulitan mengeluarkan kulup, Penis sempit atau tertutup, kegagalan kulup untuk melonggar selama proses pertumbuhan, rasa nyeri saat mengeluarkan kulup, rasa nyeri saat buang air kecil, urine yang keluar tidak lancar, iritasi penis dan kadang disertai demam tinggi.

Akibat dari penyakit phimosis dapat menyebabkan penumpukan smegma (kotoran hasil sekresi kelenjar kulup) di sekitar kepala penis. Penumpukan smegma dapat menjadi pemicu penyebaran berbagai bakteri yang dapat menyebabkan peradangan bila tidak segera di obati.

Penyakit phimosis yang tidak segera diobati dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti gangguan fungsi peredaran darah, nyeri selama berhubungan seksual dan bahkan kenker penis. Anda tidak perlu khawatir penyakit phimosis dapat ditangani dengan sukses jika melakukan pengobatan yang tepat.

Cara-Cara Untuk Mengobati Phimosis

Pemberian Obat

Biasanya pemberian obat yang digunakan berupa salep atau krim, fungsinya untuk meningkatkan elastisitas kulup. Pemberian salep ini harus dilakukan secara teratur dalam jangka waktu tertentu agar diperoleh hasil yang efektif.

Melakukan Peregangan

Proses peregangan dapat dilakukan setelah mandi dengan menggunakan air hangat untuk mengompres selama lima sampai sepuluh menit setiap hari. Lakukan pijatan lembut di bagian kepala penis. Peregangan ini harus dilakukan dengan hati-hati untuk menghindari timbulnya luka.

Melakukan Sunat

Metode sunat adalah solusi yang paling efektif untuk mengobati phimosis. Rekomendasi ini diberikan terutama bila phimosis menimbulkan masalah kesulitan buang air kecil atau terjadi peradangan di kepala penis (balanitis).Sebaiknya mulai dari bayi sudah melakukan sunat untuk mencegah penyakit phimosis, balanitis, infeksi uretra dll, sebab keuntungan dari sunat sangatlah banyak.

Namun bila anda masih belum mau mengambil tindakan sunat maka harus lebih ekstra memperhatikan kebersihan kelamin, lakukan peregangan secara teratur dan berhati-hati, rutin melakukan pemberian salep sampai membaik dan terpenting lekas ke dokter bila kondisi tidak ada perubahan.

Untuk pengobatan phimosis yang lebih jelasn maka dapat langsung bertanya ke staff medis dengan menggunakan layanan ini.