metode mengatasi impotensi
August 11, 2017

Apa itu Penyakit Herpes?

masalah penyakit herpes

Mungkin sebagian besar orang masih asing jika mendengar penyakit herpes, lalu apa itu penyakit herpes? Ya penyakit herpes adalah salah satu jenis infeksi yang disebabkan oleh adanya virus herpes simpleks (HSV) dan biasanya virus herpes ini bisa mempengaruhi berbagai macam bagian tubuh namun yang paling sering adalah pada bagian kelamin.

Apa itu penyakit herpes? Penyakit herpes ataupun kadang disebut penyakit cacar air yang biasanya penyakit ini bisa menyebabkan luka yang menyakitkan dan diketahui terdapat 2 jenis penyakit herpes diantaranya adalah herpes simplex dan herpes zoster yang biasanya menyebabkan cacar air dan ruam, namun persamaannya kedua jenis herpes tersebut disebabkan oleh virus

Herpes Simpleks Tipe 1

Herpes simpleks tipe 1 (HSV-1) biasanya adalah virus yang menyebabkan herpes oral, tetapi juga dapat menyebar ke alat kelamin (misalnya selama seks oral). Gejala HSV-1 biasanya termasuk luka dingin berbentuk kecil, seperti jerawat.

Mayoritas orang dengan HSV-1 mengontraknya selama masa kanak-kanak, dan sekitar delapan dari setiap sepuluh orang dewasa diperkirakan memiliki HSV-1.

Untuk mengurangi kemungkinan tertular atau menyebarkan HSV-1, ada baiknya Anda menghindari berciuman, seks oral, dan berbagi peralatan dengan seseorang yang memiliki luka dingin atau blister demam yang terlihat.

Herpes Simpleks Tipe 2

Herpes simpleks tipe 2 (HSV-2 adalah penyebab utama herpes kelamin salah satu infeksi menular seksual yang paling umum (IMS). Bahkan sekitar satu dari enam orang dewasa Amerika memiliki HSV-2, namun beberapa orang mungkin tidak tahu bahwa mereka telah memilikinya.

Virus ini diketahui menyebar melalui kontak kulit-ke-kulit selama aktivitas seksual, HSV-2 menyebabkan flare-up berulang dari luka terbuka di sekitar alat kelamin. Ini paling menular selama periode ini, tapi luka terbuka tidak harus hadir agar transmisi terjadi dan bisa juga menyebar ke mulut atau tenggorokan seseorang yang melakukan seks oral.

Apakah yang Menjadi Penyebab Herpes?

Pada umumnya saat virus HSV ada di permukaan kulit seseorang yang terinfeksi maka virus tersebut dapat dengan mudah ditularkan ke orang lain melalui kulit lembab yang melapisi mulut, anus, dan pada alat kelamin selain itu virus juga bisa menyebar ke seseorang melalui area kulit lainnya dan begitu juga dengan mata.

Perlu Anda ketahui bahwa seseorang tidak bisa terinfeksi HSV dengan menyentuh benda, seperti menyentuh permukaan kursi kerja, wastafel, atau handuk yang telah disentuh oleh orang yang terinfeksi dan infeksi dapat terjadi dengan cara berikut:

• Memiliki hubungan seks vaginal atau anal tanpa kondom
  • Memiliki seks oral dengan orang yang mengalami luka dingin
  • Berbagi mainan seks
  • Memiliki kontak kelamin dengan orang yang terinfeksi

Virus ini kemungkinan besar akan ditularkan seseorang tepat sebelum luka lepuh tersebut muncul, bahkan HSV masih bisa ditularkan ke orang lain bila tidak ada tanda-tanda wabah meskipun kecil kemungkinannya. Bahkan jika seorang ibu dengan herpes kelamin memiliki luka saat melahirkan, kemungkinan infeksi akan diteruskan ke bayi.

Lalu, Apakah Gejala-Gejala Herpes Kelamin?

Kebanyakan orang tidak mengalami gejala apa itu penyakit herpes selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun setelah terinfeksi herpes, namun biasanya seseorang bisa memiliki gejala herpes seperti luka dingin selama periode awal dan biasanya seseorang akan memperhatikannya sekitar 4 hari setelah terpapar infeksi rata-rata adalah 2-12 hari.

Gejala Infeksi Primer

Infeksi primer adalah istilah yang digunakan untuk wabah herpes kelamin yang terjadi saat seseorang pertama kali terinfeksi dan gejalanya bisa sangat parah dan bisa meliputi:

• Lecet pada bagian kelamin luar di Miss V atau di leher rahim
  • Terasa sakit dan gatal pada bagian Miss V
  • Mengalami pembesaran kelenjar getah bening
  • Terasa sakit saat buang air kecil
  • Mengalami demam tinggi
  • Mengalami luka dingin di sekitar mulut
  • Mengalami luka lepuh berwarna merah di sekitar kulit

Gejala Infeksi Rekuren

Gejala yang terjadi pada infeksi rekuren cenderung kurang parah dan tidak berlangsung lama seperti pada tahap infeksi primer dan Biasanya, gejala akan berlangsung tidak lebih dari 10 hari dan meliputi:

• Terasa terbakar atau kesemutan di sekitar alat kelamin sebelum luka dingin muncul
  • Wanita mungkin akan mengalami lecet dan luka terbuka pada serviks
  • Mengalami luka dingin di sekitar mulut
  • Memiliki luka lecet berwarna merah pada bagian alat kelamin

Nah, itulah tadi berbagai macam penjelasan mengenai apa itu penyakit herpes dan misalkan Anda merasa mengalami herpes kelamin maka ada baiknya Anda segera berobat di Klinik Utama Gracia.