penyakit keputihan pada wanita
Apa Sebenarnya Penyakit Keputihan Pada Wanita?
October 19, 2016
infeksi saluran kemih
Gejala Infeksi Saluran Kemih Pada Manusia
October 20, 2016

Apa Itu Herpes & Gejala Herpes

gejala herpes

gejala herpes

Herpes merupakan penyakit radang kulit yang ditandai dengan timbulnya gelembung-gelembung air kecil dan biasanya muncul secara berkelompok. Umumnya, penyakit ini menyerang bagian kulit pada tubuh dan juga selaput lendir. Namun, penyakit ini juga ada yang menyerang alat kelamin dan juga membran mukus yang terletak di mulut bibir.

Biasanya ketika pertama penyakit ini menyerang dan juga ketika penyakit ini sudah menyerang tubuh maka penderita akan merasakan sakit di bagian dalam tubuh dan juga merasakan seperti rasa terbakar / panas pada daerah yang terinfeksi. Pada orang yang sudah pernah terinfeksi dan sudah sembuh, akan dapat kambuh kembali jika kondisi imun menurun dan dalam keaadan stres berat.

Terdapat 2 macam penyakit herpes yakni herpes simpleks dan herpes zoster. Keduanya gejala herpes ini disebabkan oleh virus.

Apa Itu Herpes Zoster?

Herpes Zoster adalah herpes yang menyerang seluruh permukaan kulit dan biasanya menyerang daerah tubuh. Penyakit ini merupakan herpes yang paling banyak diderita. Virus ini disebabkan oleh virus varicella zooster.

Bentuk kelainannya diawali dengan timbulnya bercak kemerahan pada daerah tubuh. Lalu akan tampak bintik-bintik atau gelembung-gelembung kemerahan berair yang berkelompok dan akan tumbuh secara terus-menerus. Dan kemudian setelah 1-7 hari, bintik-bintik atau gelembung-gelembung air tersebut akan berubah menjadi bintik-bintik bernanah dan selanjutnya akan mengering.

Apa Itu Herpes Simpleks?

apa itu herpesHerpes Simpleks atau biasa juga disebut dengan herpes genitalis. Herpes simpleks merupakan penyakit herpes yang hanya menyerang pada bibir, mulut, dan juga alat kelamin. Herpes simpleks disebabkan oleh herpes simpleks virus (HSV).

Herpes simpleks merupakan penyakit herpes yang bisa dikatakan sulit untuk disembuhkan. Selain itu bagi penderita herpes simpleks itu sendiri, penyakit ini dapat kambuh kembali. Umumnya aktifitas seksual yang tidak sehat menjadi faktor penyebab penyakit ini.

Gejala Herpes

  • Pembengkakkan pada kelenjar utama umumnya terjadi pada kelenjar getah bening.
  • Pada bagian tubuh yang terinfeksi virus herpes tersebut akan sering mengalami kesemutan.
  • Terasa gatal pada bagian tubuh yang akan terserang virus herpes.
  • Timbulnya gelembung-gelembung kecil atau bintik-bintik kemerahan dan melepuh dan biasanya terasa sakit atau panas.
  • Gelembung-gelembung tersebut berbentuk kecil dan akan berkumpul dalam jumlah yang banyak yang di dalamnya berisi cairan.
  • Sesak nafas, demam, nyeri pada sendi, mengigil, serta pegal pada anggota tubuh.
  • Dan ketika terkena herpes mulut mungkin akan seperti sariawa yang muncul secara terus-menerus di tempat yang sama.

Penyebab Penyakit Herpes

Virus ini dapat tersebar di udara karena terbawa angin. Atau bisa saja karena kita berada disatu tempat yang sama dengan orang yang menderita herpes. Sehingga kita dapat tertular akibat virusnya terbawa di udara. Lalu virus tersebut akan masuk melalu saluran pernapasan.

Penyakit herpes dapat disebabkan karena kita sengaja atau tidak sengaja bersentuhan dengan orang yang menderita penyakit herpes tersebut secara langsung.

Berikut adalah penjelesan mengenai apa itu herpes. Jika anda memiliki gejala herpes, segeralah konsultasikan ke dokter.

chat online