mencegah keputihan
Cara Mencegah Keputihan Bagi Para Wanita
December 25, 2016
penyakit herpes genitalis
Mengenal Penyakit Herpes Genitalis
December 28, 2016

Apa Itu Hernia – Pengertian Secara Umum

hernia

herniaAnda mungkin masih bertanya-tanya tentang apa itu hernia. Hernia atau yang juga dikenal dengan istilah turun berok identik dengan penyakit yang hanya menyerang pria sehingga banyak orang yang mengkategorikannya sebagai penyakit pria. Padahal hernia juga dapat menyerang wanita.

Apa itu hernia? Hernia adalah penyakit atau gangguan kesehatan dengan ciri berupa adanya tonjolan pada organ tubuh. Tonjolan ini terjadi karena dinding organ tersebut mengalami pengurangan kekuatan.

Hernia Bukan Pemicu Kematian, Tapi Tidak Bisa Sembuh dengan Sendirinya

Sebagian besar hernia terjadi di area perut. Hernia bukanlah penyakit yang berdampak langsung pada kematian, namun penyakit ini memerlukan penanganan khusus karena tidak dapat sembuh dengan sendirinya. Hernia yang tidak mendapatkan penangananan khusus akan berpotensi pada komplikasi di masa yang akan datang. Penanganan hernia yang biasa dilakukan medis adalah dengan melakukan tindakan bedah atau operasi.

Jenis Hernia Berdasarkan Bagian Tubuh yang Diserang

Hernia Inguinalis

Istilah asing menyebutkan hernia jenis ini sebagai inguinal hernia. Hernia jenis ini merupakan yang paling banyak dialami oleh pria maupun wanita. Presentasenya mencapai 70 % jika dibandingkan dengan hernia jenis lainnya. Hernia inguinalis terjadi di dalam perut akibat terdorongnya usus karena robekan yang terjadi di dinding perut.

Hernia Hiatus

Hiatal hernia merupakan istilah asing untuk hernia jenis ini. Hernia ini terjadi di daerah dada akibat desakan otot diafragma.

Hernia Insisional

Incisional Hernia biasanya terjadi pasca tindakan operasi perut akibat bekas sayatan yang belum merekat kembali dengan sempurna atau masih lemah. Hernia insisional akan terjadi jika usus mendorong area yang lemah tersebut.

Hernia Umbilikal

Jika 3 jenis hernia yang telah disebutkan di atas mayoritas menyerang usia dewasa, umbilical hernia justru menyerang usia anak-anak di bawah 6 tahun. Berbeda dengan jenis-jenis hernia tersebut, hernia umbilikal memiliki kemungkinan untuk sembuh dengan sendirinya jika terjadi pada anak-anak yang belum mencapai usia 1 tahun. Hernia umbilikal menyerang bagian dinding perut dekat area pusar hingga menonjol keluar.

apa itu hernia

Penyebab Hernia

Secara garis besar hernia terjadi akibat melemahnya otot. Faktor lain yang dapat menyebabkan hernia adalah cacat bawaan, tindakan pasca operasi, batuk yang kronis, sembelit, sering mengangkat beban yang berat, serta faktor obesitas. Riwayat keluarga yang mengalami hernia juga memperbesar risiko seseorang terkena penyakit yang sama.

Bagaimana Gejala Hernia?

Penderita hernia akan merasakan sakit dan tidak nyaman saat:

  • Batuk
  • Mengangkat beban yang berat
  • Membungkuk

Penderita hernia juga akan merasakan sensasi panas seperti terbakar, nyeri dada, serta naiknya asam ke kerongkongan.

Apakah Hernia Bisa Disembuhkan?

Perubahan gaya hidup ke arah yang lebih sehat merupakan cara alami untuk mengobati hernia hiatus. Anda dapat melakukannya dengan mengubah cara diet, menjauhi konsumsi makanan berat, serta rutin memantau berat badan agar tidak mengalami obesitas.

Sejauh ini diagnosa dengan melakukan pemeriksaan fisik adalah langkah awal untun mengobati hernia. Dengan cara ini dapat diketahui jenis hernia yang dialami sehingga dapat diambil langkah pengobatan yang tepat. Anda tidak perlu khawatir berlebihan hingga mengalami stress apabila mengalami penyakit hernia karena penyakit ini dapat sembuh jika Anda mendapatkan penanganan khusus dan intensif dari dokter.

Demikian artikel mengenai apa itu hernia. Segera konsultasikan penyakit hernia Anda pada dokter di Klinik Utama Gracia. Konsultasi lebih dini tentang apa itu hernia dapat membantu mempercepat penanganan sehingga Anda dapat sembuh lebih cepat.

chat online