penyakit chlamydia
Chlamydia Adalah Jenis Penyakit Menular Seksual
February 10, 2017
selaput dara
Apa Saja Bentuk Selaput Dara Wanita?
February 24, 2017

Anyang Anyangan Setelah Berhubungan Intim

masalah anyang anyangan

masalah anyang anyanganApakah Anda pernah mengalami gejala seperti ini? Sering mengalami rasa nyeri tumpul di bagian perut bagian bawah padahal tidak dalam keadaan haid? Jika ya maka Anda harus mewaspadai hal tersebut dikarenakan bisa jadi itu merupakan gejala anyang anyangan.

Anyang anyangan adalah salah satu penyakit infeksi saluran kemih (ISK) dan merupakan suatu keadaan dimana kandung kemih Anda tidak dapat menampung urine atau air kencing secara penuh karena suatu keadaan.

Apakah Penyebab Anyang Anyangan?

Diketahui penyebab anyang anyangan disebabkan karena adanya infeksi yang terjadi karena disebabkan oleh bakteri Escherichia coli, Dehidrasi (kekurangan cairan), Infeksi saluran kemih, gangguan prostat atau gejala penyakit kelamin.

Jenis-Jenis Infeksi Saluran Kemih

• Uretritis adalah infeksi uretra
  • Cystitis adalah infeksi kandung kemih
  • Pyelonephritis adalah infeksi ginjal.

Beberapa Gejala Anyang Anyangan yang Perlu Anda Perhatikan:

• Gejala pertama adalah selalu ingin buang air kecil lebih sering dan mendesak, namun hanya keluar beberapa tetes air seni saja.
  • Gejala kedua adalah timbulnya rasa sakit pada kemaluan yang ditandai dengan rasa panas serta terbakar.
  • Gejala ketiga adalah timbulnya perasaan bahwa kandung kemih masih penuh setelah buang air kecil.
  • Gejala terakhir adalah timbulnya nyeri di atas tulang kemaluan hingga terdapat darah dalam urin.

Siapa Saja yang Beresiko Terserang Anyang Anyangan?

• Diketahui wanita yang aktif secara seksual sangat rentan untuk terserang anyang anyangan setelah berhubungan intim karena sebagian saluran kencing cukup panjang sekitar 4 cm dan bakteri yang hanya memiliki jarak pendek ini melakukan perjalanan dari luar ke dalam kandung kemih.
  • Seseorang dengan kateter urin seperti kondisi kritis, yang tidak bisa mengosongkan kandung kemih mereka sendiri.
  • Seseorang yang mengalami diabetes karena perubahan pada sistem kekebalan tubuh membuat orang dengan diabetes lebih rentan terhadap anyang anyangan.
  • Pria dengan masalah prostat seperti pembesaran kelenjar prostat yang dapat menyebabkan kandung kemih hanya sebagian saja yang kosong.
  • Pada bayi terutama mereka yang lahir dengan masalah fisik (kelainan kongenital) dari sistem urin.

Anyang Anyangan Setelah Berhubungan Intim

bakteri anyang anyanganDiketahui hubungan ISK tidaklah jelas karena aktivitas seksual sendiri tidak secara langsung menyebabkan ISK, akan tetapi dapat meningkatkan pengenalan bakteri ke dalam saluran kencing dan menyebabkan iritasi ke daerah tersebut.

Sehingga pada dasarnya dapat meningkatkan peluang mengembangkan anyang anyangan setelah berhubungan intim terutama pada wanita yang lebih rentan karena aliran urin tidak cukup kuat untuk menyiram kandung kemih sehingga meningkat bakteri Escherichia coli.

Apakah Alat Kontrasepsi Dapat Mencegah Anyang Anyangan?

Penggunaan jenis alat kontrasepsi tertentu dapat meningkatkan risiko karena pada wanita yang sering mengalami anyang anyangan setelah berhubungan badan dilaporkan menggunakan kondom, spiral atau spermisida saat melakukan aktivitas seksual.

Sebuah keyakinan umum di antara masyarakat urologi adalah bahwa metode penghalang dengan alat kontrasepsi ini dapat mengiritasi jaringan sensitif di daerah Ms V dan kelamin pada wanita yang mungkin akan alergi. jaringan yang ter iritasi ini kemudian membantu menciptakan lingkungan di mana bakteri dapat berkembang.

Lalu, Bagaimanakah Cara Mencegah Anyang Anyangan?

• Buang air kecil sebelum melakukan hubungan badan ataupun setelah berhubungan badan.
  • Selalu bersihkan daerah alat kelamin dan dubur sebelum dan setelah berhubungan badan.
  • Tetap ter hidrasi dan banyak minum air karena ini akan membantu menyingkirkan saluran kemih Anda dari bakteri.
  • Jangan menggunakan spiral atau spermisida sebagai bentuk untuk mengontrol kelahiran.
  • Jangan mengganti-ganti pasangan seksual Anda.

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai anyang anyangan setelah berhubungan intim dan jika Anda mengalami hal tersebut maka ada baiknya segeralah konsultasikan di Klinik Utama Gracia.